KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN SOAL PISA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Keterampilan Berpikir Komputasi Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah PISA Ditinjau Dari Gaya Belajar
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.2236Keywords:
gaya belajar, keterampilan berpikir komputasi, PISAAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir komputasi peserta didik dalam memecahkan soal masalah Program for International Student Assesment (PISA) konten geometri. Subjek penelitian dipilih berlandaskan hasil angket gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dari 28 peserta didik kelas IX yang berusia 15 tahun. Kemudian peserta didik dikelompokkan kedalam tiga jenis gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik. Dari setiap kelompok dipilih satu peserta didik sebagai sabjek penelitian dengan kemampuan matematika yang sama. Penelitian dilakukan dengan memberikan subjek satu masalah berupa soal PISA dengan konten geometri, kemudian dilanjutnkan dengan dilakukannya wawancara oleh peneliti dengan subjek. Hasil dari pemecahan masalah soal PISA dan wawancara lalu dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual dapat memenuhi indikator keterampilan berpikir komputasi yaitu dekomposisi dan pengenalan pola. Namaun pada indikator berpikir algoritma, generalisasi dan abstraksi subjek memenuhi namun kurang tepat. Subjek dengan gaya belajar Auditori hanya dapat memenuhi dua indikator keterampilan berpikir komputasi yaitu dekomposisi dan pengenalan pola. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestetik dapat memenuhi semua indikator keterampilan berpikir komputasi yaaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma sera generalisasi dan abstraksi
References
Afif, A., & Suyitno, H. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL).
Agustini, A., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2022). Profil Berpikir Relasional Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditori Endah Budi Rahaju. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3).
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. DIRASAH, 3(1). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Asbell-Clarke, J. (2021). The Development of Students’ Computational Thinking Practices in Elementary-and Middle- School Classes Using the Learning Game, Zoombinis
Bocconi, S., Chioccariello, A., Dettori, G., Ferrari, A., & Engalhardt, K. (2016). …… Developing Computational Thinking in Compulsory Education 2. https://doi.org/10.2791/792158
Candra Permana, F., Sari, M. P., Sylviani, S., Sari, I. P., Firmansyah, F. H., & Rinjani, D. (2023). Pengenalan Computational Thinking Dalam Menghadapi Kurikulum Dengan Pembelajaran Abad Xxi Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12(2), 159–166.
Hidayah, N., Subarinah, S., Turmuzi, M., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open – ended ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMAN 1 Terara Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 842–849. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1330
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Lilianawati, L., Setiawan, T. B., Suwito, A., & Rini, P. K. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 253–264. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.25339
Miladina, R. A., Wulandari, T. C., & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Pada Materi Statistika (Vol. 18, Issue 20).
Pertiwi, A., Syukur, A., Suhartini, T., & Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro, F. (2020). Konsep Informatika Dan Computational Thinking Di Dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Menengah, Dan Atas (Vol. 3, Issue 3).
Putri Maharani, P., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2024). Analisis Kemampuan Computational Thinking Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. https://doi.org/10.17509/xxxxxxxxxx
Rasitullah, S. A., Wahyu, K., & Artikel, I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Tinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Syntax Transformation, 2(2).
Schleicher, A. (2023). Programme for International Student Assessment Insights and Interpretations PISA 2022.
Sholihah, N., & Aini, A. N. (2023). Students’ mathematical reasoning ability with visual, auditorial and kinesthetic learning styles in solving HOTS problems. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1), 49–66. https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1108
Studi, P., Matematika, P., Simanjuntak, E., Armanto, D., & Dewi, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. 04(1), 11–17. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
Wing, J. M. (2017). Computational thinking’s influence on research and education for all Influenza del pensiero computazionale nella ricerca e nell’educazione per tutti. Italian Journal of Educational Technology, 25(2), 7–14. https://doi.org/10.17471/2499-4324/922
Yuspita Halilianti, B., Azmi, S., & Sridana, N. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 557. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya