IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ECIRR DENGAN MENGGUNAKAN QSH TERHADAP SCIENTIFIC REASONING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PADA SISWA

Authors

  • Ayu Rindiyanti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Bambang Sri Anggoro Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siti Ulfa Nabila Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.2234

Keywords:

ECIRR, QSH, Berpikir Reflektif, Scientific Reasoning

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya kemampuan berpikir reflektif dan scientific reasoning pada peserta didik SMP Negeri 2 Bekri.  Menganalisis pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif. Menganalisis pengaruh model ECIRR dengan strategi QSH terhadap Scientific Reasoning. Menguji pengaruh model ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif dan scientific reasoning pada siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Tiga kelas diujikan: Kelas Eksperimen 1: Model ECIRR dengan strategi QSH. Kelas Eksperimen 2: Model ECIRR. Kelas Kontrol: Pembelajaran ekspositori. Populasi dan Sampel:Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bekri tahun ajaran 2024/2025 dengan teknik sampling simple random sampling. Analisis Data: Menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif, terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap scientific reasoning dan terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan berpikir reflektif dan Scientific Reasoning pada siswa. Pembelajaran dengan model ECIRR dan strategi QSH lebih efektif dibandingkan metode ekspositori dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan scientific reasoning pada peserta didik secara signifikan. Ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang aktif dan terstruktur dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan kognitif peserta didik.

References

Ariestyan, Y., Sunardi, S., & Kurniati, D. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. KADIKMA: Journal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 94–104. https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5472

Dahlia, D., Syawaluddin, A., & Khaerunnisa, K. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 94 Karampuang Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. In Repository Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Kusuma, N. M. Y., Wiarta, I. W., & Abadi, ida B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus Singakerta Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2421

Ningrum, A. M. A., & Suliyanah, S. (2021). Model Pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 444–450. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.444-450

Pahrudin, A., Ahid, N., Huda, S., Ardianti, N., Putra, F. G., Anggoro, B. S., & Joemsittiprasert, W. (2020). The Effects of the ECIRR Learning Model on Mathematical Reasoning Ability in the Curriculum Perspective 2013: Integration on Student Learning Motivation. European Journal of Educational Research, 9(2), 675–685. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.675

Silberman, M. L. (2006). Active learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Edisi Revi). Bandung: Nuansa Cendekia.

Wati, L., Anggereini, E., & Risnita, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Dan Reinforce (ECIRR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Sungai Bengkal Kabupaten Tebo. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), 152–163. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.22084

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Rindiyanti, A., Anggoro, B. S., & Nabila, S. U. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ECIRR DENGAN MENGGUNAKAN QSH TERHADAP SCIENTIFIC REASONING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PADA SISWA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 92–101. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.2234

Issue

Section

Articles