IDENTIFIKASI KREATIVITAS SISWA SLOW LEARNER DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.18Keywords:
kreativitas, slow learner, masalah, matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa Slow Learner dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa slow learner kelas X A SMA Muhammadiyah Rambah melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah matematika dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) menyimpulkan tingkat kreativitas siswa. Validitas data menggunakan triangulasi metode yaitu (penggabungan data hasil tes dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa slow learner hanya memiliki memiliki kemampuan kreativitas dalam memecahkan masalah matematika pada tingkat 1 (kurang kreatif) dan pada tingkat 0 (tidak kreatif).
References
Hadi, F. R. (2016). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Slow Learners ( Lamban Belajar ) . Premiere Educandum, 6(1), 35–41.
Kolovou, A. (2011). Mathematical Problem Solving in Primary School. dissertation. Utrecht University. Netherlands. unpublished
Martyanti, A. (2016). Jurnal riset pendidikan matematika. Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1–15.
Richardo, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141–151.
S. Widha Nur, S. Dyahsih Alin, M. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing, VIII(1), 49–59.
Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 75–80.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis , Rasa Percaya Diri , Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, (November), 978–979.