The FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODEL UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DAN MEMAKSIMALKAN PERAN TEKNOLOGI PADA PENDIDIKAN

Authors

  • Wanda Nugroho Yanuarto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.10

Keywords:

Flipped classroom learning model, kemandirian belajar matematika, dan peran teknologi

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian studi kasus metode deskriptif kualitatif. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendapatkan gambaran mengenai kemandirian belajar matematika mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto ketika belajar dalam mata kuliah Bahasa Inggris Matematika. Populasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa semester III yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Matematika, program studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berjumlah 56 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah terdapatnya peningkatan kualitas pembelajaran bahasa inggris matematika melalui model pembelajaran flipped classroom, meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa menggunakan konsep flipped classroom, dan pemanfaatan teknologi pada pembelajaran flipped classroom juga memberi dampak positif terkait peran teknologi dalam dunia pendidikan.

References

Bergmann & Sams. (2004). Assessing flipped classroom technique. Cambridge. Cambridge University Press.
Brown & Georgia. (2015). The implementation of flipped classroom to students engagement. International Journal of Pedagogy and Learning (IJPL). The University of Illinois Press. Vol V. No. 3. 2015
Brown, H. (2004). Flipped Classroom for better learning. New York: Pearson Education, Inc.
Candicc J.O. (2015). Methodology and personality of flipped classroom. The Journal of Current and Technology in Education. Vol. XII No. 12/2015. Routledge.
Charless, B. (2008). How study with their instuition. New Jersey: Routledge
Dunne, Elisabeth. 1999. The Learning Technology Society International Perspective on Core skills in Higher Education. London: Kogan Page
Graham Brent. (2013). Flipped Classroom toward students achievement for learning. New York: Routledge
Hammer, Jeremy. (2007). The Practice of flipped classroom teaching (4th ed). Essex: Pearson Education Limited.
Horward, K. (2012). The Technology vs Flipped Classroom Model. International Pedagogy and Current Studies. The Online Internatioanal Educational Journal. ISSN: 2441-2876
Johnson. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia.
Lovell, R.Bernard. 2000. Adult Learning Technology. London & Sydney: Croom Helm
Lioe, Luis Tirtasanjaya, Teo Chin Wen, dkk. (2012). Assessing the effectiveness of flipped classroom pedagogy in promoting students’ learning experience. NYGH Research Journal.
Marco & Cecillia. (2013). How flipped classroom can generate students’ perspective on learning. International Journal of Independence Studies.Look Academy Vol VII. No. 31. 2013 KJWI
Purwanto, Ngalim. 2000. Ilmu Teknologi Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosdakarya
Randall, S. (2001). Technique in Testing. Oxford: Oxford University Press
Roehl, Amy, Shweta Linga dkk. (2013). The Flipped Classroom: An Opportunity To Engage Millennial Students Through Active Learning Strategies. Texas : Christian University Jurnal Internasional Vol. 105. No. 2. 2013 JFCS.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Surya, H. (2003). Belajar mandiri vs team works. Jakarta: Media Utama Press
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syam, N. (1999). Mandiri dalam belajar untuk hidup yang terkonsep. Bandung: Indonesia Membaca Pustaka
Thoha, C. (1996). Belajar mandiri dengan intuisi pembelajaran. Jakarta: Media Belajar Press

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Yanuarto, W. N. (2018). The FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODEL UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DAN MEMAKSIMALKAN PERAN TEKNOLOGI PADA PENDIDIKAN. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.10

Issue

Section

Articles