PENGARUH GAME INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Riyan Cahya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.50

Keywords:

Kahoot, concept understanding

Abstract

The study aims to determine the influence of application of interactive game-assisted kahoot applications can improve the understanding of the concept. The method used in Presearch is the research of aniexperiments With The kinds of Experimenoyang Usesthen test T.  The results of the research that has been done are and can be concluded that there is a difference or influence of Kahoot application interactive games to improve the understanding of mathematical concepts, the application of a kahoot interactive game is better than learning by using conventional learning in improving the ability to understand the mathematical concepts in working on the problem with Use the app's interactive game from the work of the book.

 

References

Arifiyanti, Fitri, Tomo Djudin, and T. M. S. Haratua. 2013. “Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Multirepresentasi Pada Usaha Dan Energi Di SMA.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (10).

Arindiono, Rudi Julio, and Nugrahardi Ramadhani. 2013. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 2 (1): F28–32.

Halimah Dan Fauzi. 2019. "Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika." De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1) : 46-56

Itqan, Moh Syadidul. 2018. “Pendekatan Game Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains 2 (2): 161–70.

Jumroh, Oos Muhamad, and Maryanah Safitri. 2014. “Perancangan Animasi Interaktif Permainan Mewarnai Untuk Anak Usia Diatas Empat Tahun.” In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 247–INF. 252.

Karyanti, Karyanti, and Komarudin Komarudin. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 4 Pesawaran.” In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1:89–94.

Mubarok, Zaky. 2018. “Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berpidato Survey Pada Siswa MAN Di Jakarta.” Jurnal Mandiri 2 (1): 201–25.

Muttagin, Zenal. 2010. “Pengaruh Kompetensi Kepala SMP Dan Implementasi Manajemen Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal Administrasi Pendidikan 12 (2).

Nugroho, Aji Arif, Rizki Wahyu Yunian Putra, Fredi Ganda Putra, and Muhamad Syazali. 2017. “Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2): 197–203.

Persada, Alif Ringga. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat).” Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching 5 (2).

Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Putra, Rizki Wahyu Yunian, and Rully Anggraini. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software IMindMap Pada Siswa SMA.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 39–47.

Ramadhona, Rossa. n.d. 8 Jam Pintar Membuat Kuis Berbasis ICT Bagi Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.
Rodiawati, Heni, and Komarudin Komarudin. 2018. “pengembangan e-learning melalui modul interaktif berbasis learning content development system.” Jurnal Tatsqif 16 (2): 172–85.

Samawati, Indah. 2018. “Manajemen Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018.” Iain Surakarta.

Sarniah, Siti, Chairul Anwar, and Rizki Wahyu Yunian Putra. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.” Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3 (1): 87–96.

Sheftyawan, Widya Bratha, Trapsilo Prihandono, and Albertus Djoko Lesmono. 2018. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Optik Geometri.” Jurnal Pembelajaran Fisika 7 (2): 147–53.

Siregar, Nani Restati. 2017. “Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 1.

Utari, Vivi. 2012. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR Dalam Pokok Bahasan Prisma Dan Limas.” Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1).

Wulandari, Ratih, Herawati Susilo, and Dedi Kuswandi. 2017. “Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Yulaini, Erma. 2017. “Analisis Kebijakan Kependidikan Dalam Era Globalisasi.” Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Cahya, R. (2020). PENGARUH GAME INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.50

Issue

Section

Articles