PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.39

Keywords:

metakognitif, pemahaman, konsep, matematika

References

Abdullah dan Iswandi. (2015). Perancangan Sistem Pendaftaran Online Pasien Pada Klinik dengan Metode FIFO Berbasis Web Service. Jurnal Teknik Informatika. 6(1).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata
Kramarski, B. & Zoldan, S. (2008). Using Errors as Springboards For Enhancing Mathematical Reasoning with Three Metacognitive Approaches. The Journal of Educational Research, 102 (2), 137- 1 5 1 . http://education.biu.ac.il/en/node/747 . Diakses: 12 Mei 2018, Pukul 18:20.
Nurafiah, F., E. Nurlaelah dan R. Sispiyati. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP antara yang Memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Pengajaran MIPA. 18(1), 9-15.
Ratih, Sunardi, dan Dafik. (2013). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Materi dalam Ujian Nasional Matematika SMA Program IPA Tahun Ajaran 2009/2010 di Kabupaten Banyuwangi. Pancaran. 2(1), 185-196.
Riyah dan Seruni. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Project Based Learning. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 1(1), 76-90.
Nurmalasari, L.R., Winarso, W., dan Nurhayati, E. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara of Research. 02(02), 133-147.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiartini, dkk. 2013. Pengaruh model pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD gugus depan III kecamatan tejakula. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/729. Diunduh: 21 April 2018, Pukul 19:21.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.39

Issue

Section

Articles