https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/issue/feed De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika 2025-06-30T00:00:00+00:00 Ganjar Susilo [email protected] Open Journal Systems <p>De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika published by Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Balikpapan University, which is published twice a year in <strong>June</strong> and <strong>December</strong>. It contains articles of research or study of mathematics learning, educational studies, mathematics learning models, instructional media, development of mathematics teaching materials. Articles are written in Indonesian.</p> <p>e-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1525493723" target="_blank" rel="noopener">2621-7309</a></p> <p>p-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1528082604" target="_blank" rel="noopener">2621-6078</a></p> <p> </p> https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2260 EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FPB DAN KPK PADA SISWA SEKOLAH DASAR 2025-05-27T09:49:27+00:00 Sri Haryanti [email protected] Annisa Salsabila Nurista [email protected] Chantika Putri Yudistira [email protected] Mutia Oktaviani [email protected] Sabrina Shafa Aulia [email protected] Hafiziani Eka Putri [email protected] <p>Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah beberapa sumber seperti jurnal, artikel iliah, dan buku yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pendekatan kontekstual meliputi kualitas materi pembelajaran, kemampuan guru, keterlibatan aktif siswa, ketersediaan sumber daya, kemampuan awal siswa, dan koneksi yang kuat antara konsep FPB dan KPK dengan kehidupan nyata siswa. Dengan demikian, pendekatan kontekstual memberikan dampak positif terhadap pembelajaran FPB, meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar dan membantu mereka mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2254 ANALISIS TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA 2025-05-27T09:29:04+00:00 Cici Aulia Rahmania [email protected] Firliana Navani Shalsabilla [email protected] Gita Aprilia [email protected] Khadijah Khansa Syahira [email protected] Ravina Azhar Alfiyyah [email protected] Hafiziani Eka Putri [email protected] <p>Artikel ini membahas mengenai penerapan teori belajar Jerome Bruner dalam konteks pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Teori Bruner menekankan pentingnya pemahaman kognitif melalui tiga tahap pembelajaran yaitu enaktif, ikonik, dan simbolik. Dalam penelitian ini, kami melakukan studi pustaka untuk menganalisis bagaimana pendekatan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami dan mengaplikasikan satuan panjang dengan lebih efektif. Melalui pengumpulan dan analisis literatur yang relevan, kami menemukan bahwa penerapan teori Bruner dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Hasil penelitian ini merekomendasikan integrasi teori belajar Bruner dalam kurikulum matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2262 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH 2025-05-27T10:15:07+00:00 Vivied Eka Pratiwi [email protected] Meiliasari Meiliasari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Setelah itu, hasil analisis digabungkan dan diperoleh kesimpulan tentang masalah secara keseluruhan. Metode pada penelitian ini adalah <em>Systematic Literature Review </em>(SLR). Penelitian ini mencari, mengamati, menilai, dan menjabarkan penelitian yang tersedia sesuai fenomena dan pertanyaan penelitian spesifik yang relevan. Metode SLR meninjau dan mengidentifikasi jurnal sesuai prosedur yang ditetapkan. Pengumpulan data berasal dari jurnal yang terindeks Sinta dan Google Scholar selama 7 tahun terakhir. Kata kunci untuk pencarian adalah “<em>Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia</em>”. Dari pencarian diperoleh sebanyak 15 artikel yang memenuhi kriteria. Kemudian, kumpulan data dianalisis sebagai temuan penelitian dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan ditemukan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara seperti dengan menggunakan alat peraga, video, permainan, dan permasalahan kontekstual yang disajikan dalam LKPD. Penggunaan PMRI dalam pembelajaran dapat mendorong siswa dalam memecahkan masalah, mendalami konsep, meningkatkan hasil belajar, menjadi ketertarikan dan motivasi siswa saat belajar matematika</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2251 IMPLEMENTASI POLINOMIAL LAGRANGE DALAM PREDIKSI JUMLAH KELAHIRAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2025-05-27T08:46:38+00:00 Tsalatsatun Nur Hidayah [email protected] Adillah Khairun Nisa’ [email protected] Ari Wibowo [email protected] <p>Jumlah kelahiran di Indonesia merupakan indikator penting untuk perencanaan pembangunan nasional. Permasalahan yang dihadapi adalah kebutuhan akan metode praktis untuk memperkirakan jumlah kelahiran berdasarkan data yang tersedia. Penelitian ini bertujuan menerapkan metode interpolasi Polinomial <em>Lagrange</em> menggunakan <em>Microsoft Excel</em> untuk mempermudah perhitungan dan visualisasi data. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, melalui tahapan pengumpulan data, penyusunan polinomial orde satu hingga tiga, penerapan rumus di <em>Excel</em>, dan analisis hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polinomial <em>Lagrange</em> mampu memberikan estimasi jumlah kelahiran yang mendekati data aktual, dengan <em>Microsoft Excel</em> sebagai alat bantu yang efektif dalam mempercepat proses komputasi. Metode ini dapat menjadi solusi praktis dalam analisis prediksi data demografis</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2243 TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA: MENGINTEGRASIKAN YOUTUBE, WHATSAPP, DAN GOOGLE FORM 2025-05-28T16:37:03+00:00 Noperta Noperta [email protected] <p>Perkembangan teknologi memberi kemajuan dalam dunia pendidikan. Banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan bagaimana proses perkuliahan yang mengkombinasikan <em>youtube</em>, <em>group</em> <em>WhatsApp</em>, dan <em>google form. </em>Metodologi yang digunakan dalam penelitian berupa penelitain kualitatif dengan pendekatan naratif. Dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam proses perkuliahan yang memanfaatkan <em>youtube</em>, WA <em>group</em>, dan <em>google form</em> menjadi informan dalam penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan triangulasi. Hasil peneltian mendapatkan bahwa dosen dapat mengatasi persoalan waktu tatap muka yang kurang dengan memanfaatkan ketiga aplikasi dalam proses perkuliahan. Proses perkuliahan dilakukan oleh dosen dengan cara memanfaatkan video <em>youtube</em> sebagai materi yang harus dipelajari oleh mahasiswa sebelum dimulainya perkuliahan tatap muka. Kemudian <em>WhatsApp group</em> digunakan dosen untuk membagikan video <em>youtube</em> ke mahasiswa dan dapat mengatahui mahasiswa yang belum membaca maupun yang sudah melalui info <em>group</em>. Selain itu, dosen dapat memantau proses pembelajaran materi secara mandiri dengan menginstruksikan mahasiswa membuat laporan hasil belajar mandiri yang diunggah ke <em>google form</em>. Perkuliahan yang dilakukan oleh dosen dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi secara komprehensif. Mahasiswa terbantu dalam memahami materi perkuliahan dengan pemanfaat ketiga aplikasi. Oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi khususnya kombinasi <em>youtube</em>, <em>WhatsApp group</em>, dan <em>google form</em> dapat dijadikan alternatif bagi dosen maupun guru dalam mengatasi persoalan kurangnya jam belajar tatap muka</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2255 ANALISIS PEMBELAJARAN BERMAKNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISTEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR 2025-05-27T15:53:21+00:00 Ahsani Taqwim [email protected] Ayu Diah Pratiwi Khairunisa [email protected] Fasya Nabilla Azkia [email protected] Rizka Malfiana Fitri [email protected] Zaskia Rachmadini Putri Arrafi [email protected] Hafiziani Eka Putri [email protected] <p>Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai bagian krusial dalam dunia pendidikan, siswa diharapkan mampu berpikir secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bermakna dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir sistematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan pada jenjang kelas tinggi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara terbuka. Subjek penelitian meliputi satu guru dan satu siswa kelas tinggi sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperlihatkan tanda-tanda berpikir sistematis saat mengerjakan soal pecahan, dengan kecenderungan mengikuti langkah-langkah yang sama setiap kali menyelesaikan soal. Namun, sayangnya fakta lapangan menyatakan bahwa kemampuan sistematis matematika peserta didik tergolong rendah, oleh karena itu diadakannya penelitian ini sebagai salah satu pemecahan masalah. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yakni pembelajaran bermakna dapat dikatakan efektif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan sistematis siswa dalam menyelesaikan soal pecahan di kelas tinggi sekolah dasar.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2249 OPTIMALISASI PEMANFAAT TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII DAN IX SMP NEGERI 9 SURAKARTA 2025-06-02T13:29:06+00:00 Nur Hidayati Solikah [email protected] Dhea Chlarista Ardhani [email protected] Wiwin Astuti [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi digital, khususnya aplikasi <em>power point</em>, dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan siswa serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital, seperti <em>power point</em> dan LCD proyektor, telah meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, terdapat tantangan dalam hal fokus siswa dan perlu adanya inovasi dalam desain materi agar pembelajaran tetap menarik. Secara keseluruhan, pemanfaatan teknologi digital terbukti memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran matematika di kelas VII</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2265 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP 2025-05-28T16:51:32+00:00 Lady Amanda Polly [email protected] Ichdar Domu [email protected] Anetha Tilaar [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan literasi dan numerasi dalam menyelesaikan soal cerita siswa serta menganlisis kemampuan literasi dan numerasi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa. Data dikumpul melalui kuesioner, tes tertulis dan wawancara. dimana pada hasil kuesioner dipakai untuk mengetahui pengalaman belajar siswa sebagai data pendukung untuk melakukan tes dan wawancara secara mendalam dengan beberapa siswa, sedangkan tes tertulis untuk menentukan hasil persentase kemampuan literasi dan numerasi dan wawanca dipakai untuk mengalisis kemampuan literasi dan numerasi, dari hasil persentase tes tertulis sebanyak 5% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi cukup tinggi, sebanyak 8% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasinya sedang dan sebanyak 87% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi sangat rendah</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2264 SYSTEMATICS LITERATURE REVIEW : TREN PENELITIAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SSCS (Search, Solve, Create, and Share) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI INDONESIA 2025-05-27T15:47:21+00:00 Jihan Rofifah [email protected] Meiliasari Meiliasari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan trend penelitian model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika di Indonesia pada jenjang SD, SMP, SMA dan kuliah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis melalui pencarian rujukan yang bersumber dari Publish or Perish (PoP) dan google scholar. Sampel terdiri dari jurnal ter-indeks SCOPUS, ERIC, SPRINGER, sinta 1-6 selama kurun waktu pada tahun 2020-2025. Setelah itu diperoleh 110 artikel yang sesuai dengan kata kunci model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika peserta didik di Indonesia dan terdapat 23 artikel yang terpilih sesuai dengan ketentuan penelitian yang dilakukan. Hasil dari analisis kajian literatur dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS paling banyak dilakukan menggunakan kemampuan pemecahan masalah di jenjang SMP pada tahun 2020. Sedangkan artikel mengenai model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika banyak di publikasi pada jurnal terindeks sinta 3 pada jenis penelitian kuantitatif. Peneliti menemukan hampir semua penelitian menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS cukup mempengaruhi peningkatan kemampuan matematis siswa, namun ada satu artikel yang mengatakan tidak ada pengaruh ketika menggunakan model pembelajaran SSCS</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2261 PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK TERHADAP SIFAT -SIFAT BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HEILE 2025-05-28T16:44:57+00:00 Keren Hutabarat [email protected] Algia Rizkania Azzahra [email protected] Bunga Fahrunnisa [email protected] Michelya Zabrina Luhukay [email protected] Naufia Nurzakiyyah Azzahra [email protected] Hafiziani Eka Putri [email protected] <p>Penelitian ini mengkaji pemahaman konseptual peserta didik sekolah dasar terhadap sifat-sifat bangun datar, dengan menekankan peran strategi pembelajaran, teori perkembangan kognitif, serta penggunaan media konkret. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, didukung oleh data wawancara dan angket untuk memperoleh informasi kontekstual dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap bangun datar tidak hanya mencakup pengenalan bentuk, tetapi juga pemahaman terhadap sifat-sifat seperti sisi, sudut, luas, dan keliling. Teori Van Hiele yang menjelaskan lima tahap berpikir geometri terbukti membantu dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap berpikir siswa. Media konkret berperan penting dalam membantu visualisasi dan pembedaan sifat-sifat bangun. Selain itu, faktor internal seperti kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah juga memengaruhi keberhasilan belajar geometri. Pemahaman konseptual ini penting untuk mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran matematis. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran berbasis teori dan berpusat pada siswa dalam pendidikan geometri</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2267 MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 3 BOLAANG 2025-06-05T05:02:42+00:00 Moh. Algifari Iskandar [email protected] Anekke Pesik [email protected] Selfie Kumesan [email protected] <p>Penelitian ini dilakukan untuk meneliti rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> (TGT) pada materi Aritmatika Sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah: Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3 Bolaang sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VII C dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan rata-rata skor posttest kelas eksperimen adalah 84,2 sedangkan untuk rata-rata skor posttest kelas kontrol yaitu 72. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 dimana diperoleh <em>t<sub>hitung</sub></em> &gt; <em>t<sub>tabel</sub></em> yakni 8.562 &gt; 1.729 dengan nilai signifikan (2 tailed) 0,000 &lt; 0,05. Sehingga <em>H<sub>0</sub></em> ditolak dan <em>H<sub>1</sub></em> diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil tersebut maka model Pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2270 MOBILBUT: INOVASI ALAT PERAGA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT 2025-06-05T05:39:37+00:00 Deby Noviani [email protected] Arvin Efriani [email protected] Feli Ramury [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari alat peraga MOBILBUT (Musi Operasi Bilangan Bulat). Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas VII. A MTs Hidayatul Islamiah dan tiga validator. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, </em>dan<em> Evaluation</em>). Namun, penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap <em>Development</em>. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket tahap <em>one to one</em>, dengan hasil validasi mencapai skor 83,9 dan angket 83,3%. Temuan ini menunjukkan bahwa alat peraga efektif dalam memberikan pemahaman visual dan kreatif serta mengintegrasikan konsep etnomatematika, sehingga dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2241 HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI SMPN 13 BANDA ACEH 2025-06-03T12:05:44+00:00 Ardian Syahputra [email protected] Usman Usman [email protected] Muhammad Hasbi [email protected] Erni Maidiyah [email protected] <p>Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode <em>pre-experimental design</em> dalam bentuk <em>one group pretest-posttest design</em><em>.</em> Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Banda Aceh dan sampel pada penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas VIII-2 SMPN 13 Banda Aceh dengan pemilihan sampel menggunakan <em>simple random sampling</em>. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dengan <em>one-tailed tes</em><em>t. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh mencapai ketuntasan. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2283 DESAIN DAN IMPLEMENTASI LEARNING OBSTACLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGOPTIMALKAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI PELUANG KEJADIAN MAJEMUK 2025-06-13T00:30:58+00:00 Miptahul Pahmi [email protected] Mega Nur Prabawati [email protected] Nani Ratnaningsih [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi peluang kejadian majemuk di kelas XII. Jenis penelitian ini adalah <em>Design Research</em> yang dikemukakan oleh Gravemeijer &amp; Cobb, dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan penelitian, pelaksanaan di kelas, dan analisis retrospektif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Banjarsari dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas XII MIPA 3, dan terdiri dari dua siklus pembelajaran. Materi yang dikaji meliputi: 1) siklus pertama: penyusunan ruang sampel melalui daftar dan tabel pada konteks permainan sederhana, dan 2) siklus kedua: penyusunan ruang sampel dengan diagram pohon serta menentukan peluang kejadian majemuk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hipotesis lintasan belajar, dan data dikumpulkan melalui observasi, tes berpikir kreatif matematis, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi peluang kejadian majemuk yang dirancang dengan pendekatan <em>Learning Obstacle</em> (<em>Observation-Based Student-Centered Learning</em>) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan mendukung pengembangan berpikir kreatif siswa. Lintasan belajar yang dihasilkan berupa alur kegiatan dan aktivitas siswa yang dirancang untuk membangun pemahaman secara bertahap dan bermakna, serta mendorong kelancaran, keluwesan, dan elaborasi dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana hipotesis lintasan belajar dalam pendekatan <em>Obstacle</em> dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2278 PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) 2025-06-18T14:24:25+00:00 Meisy Mariani Ngantung [email protected] Anetha Lyta Flora Tilaar [email protected] Ermita Ali [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri dengan menggunakan metode <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model pengembangan 4D, yaitu <em>Define, Design, Develop, </em>dan <em>Disseminate. </em>Instrumen asesmen yang dikembangkan berupa soal uraian berbasis <em>paper-based </em>yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa instrumen masing-masing berada pada kategori “Sangat Layak”, “Layak”, dan “Sangat Layak”. Uji coba dilakukan dua kali untuk menilai efektivitas instrumen, baik dari segi validitas dan reliabilitas secara empiris, maupun dari kemampuannya dalam memetakan tingkat pemahaman siswa sesuai pendekatan <em>Teaching at the Right Level </em>(TaRL). Analisis butir soal menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian, instrumen asesmen ini layak digunakan sebagai alat bantu evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan TaRL untuk meningkatkan pemahaman siswa secara optimal sesuai dengan tingkat kemampuannya</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2281 PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TOMPASO 2025-06-13T00:59:03+00:00 Juani Rubby Rambembuoh [email protected] Ichdar Domu [email protected] Aneke Pesik [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pembelajaran <em>Discovery learning </em>dan<em> Teams Games Tournament </em>(TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain <em>Postest-Only Control Grup Design </em>Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 27 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 27 siswa di SMP Negeri 2 Tompaso tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh adalah hasil <em>posttest </em>pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen XE = 74,25 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol XK = 46,07. pengujian data setelah menggunakan taraf nyata α =0,05 diperoleh diperoleh thitung = 9,32628 &gt; ttabel = 1,675 dan disimpulkan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi segitiga lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery learning.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2272 PENGARUH PENERAPAN OUTDOOR MODELLING MATHEMATICS BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI 2025-06-11T05:34:50+00:00 Elsy Annisa [email protected] Sofnidar Sofnidar [email protected] Dewi Iriani [email protected] <p>Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk berpikir secara logis dan divergen guna menghasilkan hal baru. Dalam pembelajaran dibutuhkan model/pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan <em>Outdoor Modelling Mathematics</em> berdiferensiasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian dilakukan dikelas IX SMPN 22 Kota Jambi dengan <em>posttest-only control design</em> dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em>. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes Kemampuan Awal Matematis (KAM), lembar observasi dan <em>post-test</em> berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan <em>Outdoor Modelling Mathematics</em> berdiferensiasi pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX SMPN 22 Kota Jambi yang didasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,000 dan perolehan <em>effect size</em> sebesar 1,64; Kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen untuk indikator berpikir orisinal, berpikir lancar dan berpikir keterperincian berada pada tingkat sangat kreatif dan indikator berpikir luwes berada pada tingkat kreatif. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol pada indikator berpikir orisinal dan keterperincian berada pada tingkat kreatif, indikator berpikir lancar pada tingkat cukup kreatif dan indikator berpikir luwes pada tingkat kurang kreatif</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2247 DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN TARL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP REFLEKSI PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI 2025-06-05T05:33:10+00:00 Samsudin Samsudin [email protected] Farid Gunadi [email protected] Luthfiyati Nurafifah [email protected] Endah Trapsilawati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran model <em>Problem-Based Learning</em> (PBL) berbasis pendekatan <em>Teaching at the Right Level</em> (TaRL) untuk meningkatkan pemahaman konsep refleksi dalam transformasi geometri pada siswa SMP. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang mencakup tahap <em>define</em>, <em>design</em>, <em>develop</em>, dan <em>disseminate</em>. Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, perancangan modul ajar, uji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif, dengan rata-rata skor <em>posttest</em> siswa mencapai 84,09 dan 92% siswa memberikan respons positif. Desain pembelajaran ini terbukti meningkatkan pemahaman konsep refleksi secara signifikan. Modul yang layak, praktis, dan efektif ini telah dipublikasikan secara daring dan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika yang responsif terhadap kebutuhan siswa</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2274 ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SETELAH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL OUTDOOR MODELLING MATHEMATICS BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG 2025-06-11T05:44:08+00:00 Annisa Elfi Rahmi [email protected] Sofnidar Sofnidar [email protected] Dewi Iriani [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX setelah mengikuti pembelajaran dengan model <em>outdoor modelling mathematics</em> berdiferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran dengan <em>model utdoor modelling mathematics</em> berdiferensiasi dengan indikator kelancaran, berpikir luwes, berpikir orisinil dan elaborasi. Dimana siswa yang menjadi subjek penelitian ini kelas IX C SMP Negeri 22 Kota Jambi termasuk kedalam kategori <strong>sangat kreatif</strong>. Dimana subjek dapat mampu pada indikator kelancaran yang memuat memberikan ide dan menyelesaikan masalah yang diberikan dengan berbagai cara. Pada indikator berpikir luwes subjek mampu menafsirkan dan menganalisis masalah yang diberikan serta mampu menyelesaikan masalah dengan sudut pandang atau gagasan yang berbeda. Pada indikator berpikir orisinil siswa mampu menemukan sebuah ungkapan baru dan mampu menyelesaikan masalah setelah mendengarkan atau membaca suatu gagasan. Pada indikator elaborasi siswa mampu dalam menyelesaikan masalah dengan proses yang rinci serta telah mampu memberika tambahan stimulus sederhana agar penyelesaian menjadi lebih kompleks</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2293 PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MTs NURUL YAQIN TONDANO 2025-06-18T14:09:57+00:00 Muhamad Aghi Ladiku [email protected] Vivian Eleonara Regar [email protected] Ichdar Domu [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX di MTs Nurul Yaqin Tondano. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan dokumentasi nilai akhir siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan terdapat hubungan linear antara minat belajar dengan hasil belajar matematika. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 2,340 + 0,860X dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p &lt; 0,05) dan koefisien determinasi sebesar 94,5%, yang berarti minat belajar memberikan kontribusi sebesar 94,5% terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesimpulannya adalah penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan minat belajar siswa dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2291 IMPLEMENTASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI KUADRAT PADA SISWA SMA NEGERI 1 NANGAPANDA 2025-06-17T16:35:32+00:00 Stefania Baptis Seto [email protected] Wabaena Musdin [email protected] Elisabeth Elviana Se’a [email protected] Cresensiana Theresia Yunita Kue [email protected] Bernadina Oswin Lue [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan GeoGebra dalam meningkatkan pemahaman konsep fungsi kuadrat pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Nangapanda. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kesulitan siswa dalam memahami fungsi kuadrat akibat sifatnya yang abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang mendukung visualisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen satu kelompok <em>pretest-posttest</em>. Subjek penelitian adalah 25 siswa, dengan pengumpulan data melalui tes (<em>pretest </em>dan <em>posttest</em>), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji-t sampel berpasangan, dan uji <em>N-Gain</em>. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata <em>postest</em> lebih besar dari nilai rata-rata <em>pretest</em> (80,72 &gt; 47,88), hal ini berarti penerapan pembelajaran matematika menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 (&lt; 0,05), dengan demikian H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan media pembelajaran GeoGebra terhadap peningkatan pemahaman konsep fungsi kuadrat pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Nangapanda</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2289 PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MATHOS AI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 NANGAPANDA 2025-06-17T16:47:13+00:00 Stefania Baptis Seto [email protected] Gaudensia Kade [email protected] Maria Indah Lestari [email protected] Marieta Tiara Sene [email protected] Klaudius Valentino Muga [email protected] Yanuarius Tenggong [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Mathos AI dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain <em>one group pretest-posttest</em>. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas X-3 SMAN 1 Nangapanda yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan indikator Polya dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 75,00 pada pretest menjadi 100,00 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan <em>Wilcoxon Signed Rank Test</em> menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,007 (&lt; 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest.</em> Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Mathos AI efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Aplikasi ini dinilai mampu membantu siswa memahami soal, merencanakan solusi, menyelesaikan langkah-langkah secara sistematis, dan melakukan pengecekan kembali jawaban dengan lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan Mathos AI sebagai media pendukung pembelajaran matematika yang adaptif dan inovatif di era digital</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2290 PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 NANGAPANDA 2025-06-18T10:33:24+00:00 Hieronima Emiliana Barek Tupen [email protected] Eufemia Atika Wao [email protected] Albertus Novembriyano Sara [email protected] Maria Stefania Naki [email protected] <p>Rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika masih menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Hal ini umumnya disebabkan oleh penggunaan metode yang monoton dan minimnya media interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Nangapanda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu <em>one group pretest-posttest</em>. Instrumen penelitian berupa angket motivasi dan lembar observasi aktivitas belajar. Prosedur meliputi <em>pretes</em>t, pembelajaran menggunakan Quizizz, dan <em>posttest</em>. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa sangat baik dengan capaian 86%. Hasil angket <em>pretest</em> menunjukkan 63,33% siswa memiliki motivasi rendah. Setelah penggunaan Quizizz, terjadi peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata N-Gain berada pada kategori tinggi untuk kedua variabel. <em>Uji Wilcoxon Signed Rank Test</em> menghasilkan <em>Asymp. Sig. (2-tailed)</em> sebesar 0,000 &lt; 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, media Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2286 ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 2025-06-17T17:05:55+00:00 Mayliza Gupi [email protected] Hanifah Hanifah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan lima aspek, yaitu dorongan dan kebutuhan untuk belajar, perhatian dan minat terhadap tugas, ketekunan dalam menghadapi tugas, keuletan dalam menghadapi kesulitan, serta hasrat dan keinginan untuk berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 65 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dengan 20 pernyataan yang dianalisis menggunakan skala sikap: sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 75,42%. Temuan ini mengindikasikan bahwa hampir seluruh siswa telah memiliki motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa secara umum, siswa menunjukkan motivasi belajar yang positif dalam konteks pembelajaran matematika. Namun, masih diperlukan upaya peningkatan pada beberapa aspek tertentu untuk mengoptimalkan keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/317 ANALISIS KESALAHAN SISWA SMPN 1 TAPEN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SPLDV BERDASARKAN TEORI NEWMAN 2024-06-20T00:37:04+00:00 Indah Wahyuni [email protected] Eko Prastya Hatiningwan [email protected] Fitria Wasilatul Hasanah [email protected] <p>Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi SPLDV terjadi karena beberapa faktor. Kurangnya pemahaman konsep, dan kekeliruan dalam mengoperasikan bilangan menjadi faktor utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa SMPN 1 TAPEN dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan analisis Newman. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data yakni observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan tes yang berupa soal materi SPLDV sebagai instrumen penelitian. Adapun kesalahan siswa SMPN 1 TAPEN menunjukkan bahwa siswa mengalami lima jenis kesalahan berdasarkan analisis Newman. Adapun faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa SMPN 1 Tapen dalam menyelesaikan soal SPLDV yakni minimnya pemahaman konsep, kurangnya ketelitian siswa dalam membaca informasi yang tertera pada soal, kemampuan mentransformasikan informasi yang ada pada soal kedalam model matematis, pemahaman dalam menentukan operasi hitung yang sesuai, kekeliruan mengoperasikan bilangan, kemampuan menyimpulkan jawaban dari pertanyaan</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2292 PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATEMATIKA (DI KELAS VIII SMP ADVENT AMURANG) 2025-06-18T14:15:39+00:00 Praiscilia Ervine Tombokan [email protected] Philotheus Erwin Alex Tuerah [email protected] Aneke Pesik [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi teman sebaya, prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan populasi 25 orang. Teman sebaya diperoleh nilai rata-rata skor kuisoner sebesar 53,08 dan prestasi belajar sebesar 76,84. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. (0,000) &lt; α (0,05), maka ditolak dan diterima, dengan nilai R Square yang didapatkan 0,986 menunjukkan variabel pergaulan teman sebaya memiliki pengaruh sebesar 98,6% terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar sebesar 98,6% dipengaruhi oleh teman sebaya, dan sisanya 1,4% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2242 DESKRIPSI PENGENALAN NILAI ISLAM MELALUI MEDIA TIMBANGAN PHET COLORADO PADA MATERI PLSV 2025-06-03T12:00:45+00:00 Pariz Hudal Mutakin Hudal [email protected] Ratna Sari Ratna [email protected] Risma Nurilhami [email protected] Wati Susilawati [email protected] Riva Lesta Ariany [email protected] <p>Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan akhlak baik dalam berinteraksi, salah satunya adalah perilaku adil. Nilai keadilan yang tercermin dalam QS. Al-Zalzalah ayat 7–8 dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika, khususnya materi PLSV. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai islam berupa nilai keadilan pada materi PLSV kepada siswa dengan bantuan media timbangan PhET Colorado. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas VII SMP Islam Al-Amanah berjumlah 25 orang yang dipilih menggunakan <em>random sampling</em>. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, validasi ahli materi dan media, <em>pretest</em>, tanggapan siswa, dokumentasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 72% siswa memiliki nilai <em>pretest </em>dibawah kategori cukup. Namun, siswa menunjukan antusiasme tinggi dan tanggapan positif terhadap pembelajaran bernilai islam berbantuan media PhET Colorado. Respon siswa terhadap media yaitu 64,08% (kriteria positif) dan validasi ahli media serta materi layak digunakan.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2297 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS RUMAH PANGGUNG MINAHASA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR 2025-06-21T22:26:13+00:00 Reiner Aditia Christian Junaedy [email protected] Anetha Lyta Flora Tilaar [email protected] Derel Filandy Kaunang [email protected] <p>Pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar masih rendah karena pendekatan pembelajaran yang abstrak dan kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis rumah panggung Minahasa yang mengintegrasikan budaya lokal dan teknologi <em> augmented reality</em> (AR) untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&amp;D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata kepraktisan sebesar 3,38 dan tergolong praktis. LKPD ini dinilai mudah digunakan, menarik, dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Konteks budaya lokal serta dukungan AR terbukti meningkatkan keterlibatan dan pemahaman spasial siswa. LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang kontekstual dan bermakna.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2299 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI INTEGRAL DI SMA NEGERI 1 BITUNG 2025-06-21T22:02:50+00:00 Arthur Zefanya Lauale [email protected] Philotheus Erwin Alex Tuerah [email protected] Rosauli Novalina Samosir [email protected] Vivian Eleonara Regar [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model <em>problem based learning</em> berbantuan media interaktif (<em>google sites</em>) terhadap hasil belajar materi integral di SMA Negeri 1 Bitung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan desain: <em>pretest-posttest</em> <em>control group design</em>. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model <em>problem based learning</em> berbantuan media interaktif (<em>google sites</em>). Sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni: tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yakni: analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (76,205) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol (63,590), 2) terdapat peningkatan hasil tes setelah perlakuan model <em>problem based learning</em> berbantuan media interaktif <em>google sites</em> (yaitu 33,128 meningkat menjadi 76,205), 3) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (76,205) telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (75), 4) ketuntasan klasikal hasil belajar kelas eksperimen melebihi 60%, dan 5) respon siswa terhadap pembelajaran bersifat positif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa model <em>problem based learning</em> berbantuan media interaktif (<em>google sites</em>) efektif terhadap hasil belajar materi integral di SMA Negeri 1 Bitung.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2300 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI BARISAN ARITMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS KOLINTANG 2025-06-21T22:09:21+00:00 Josua Joseph Bergkam Kaunang [email protected] Derel Filandy Kaunang [email protected] James Mangobi [email protected] <p>Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Barisan Aritmatika dengan menggunakan konteks alat musik tradisional Kolintang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan dekat dengan budaya lokal siswa, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep barisan aritmatika yang bersifat abstrak. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Proses pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, dilanjutkan dengan perancangan LKPD, uji coba bertahap, serta revisi berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan angket kepraktisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Praktis” dengan persentase kepraktisan sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis konteks Kolintang efektif digunakan dalam pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi. Penelitian ini juga turut mendukung pelestarian budaya lokal serta memberikan kontribusi dalam pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2301 ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL 2025-06-23T13:52:00+00:00 Mervi Lunemo [email protected] Derel Kaunang [email protected] Vivian Eleonara Regar [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Sta. Maria Goreti Lembean. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi SPLDV dan tingginya persentase peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 28 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, yang dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang umum dilakukan, yaitu kesalahan fakta (53,57%), kesalahan prosedural (46,43%), kesalahan konsep (17,86%), dan kesalahan prinsip (10,71%). Kesalahan fakta dan prosedural merupakan jenis kesalahan yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman konsep dasar, ketelitian, serta latihan penyelesaian soal secara sistematis agar peserta didik dapat memahami dan mengaplikasikan SPLDV dengan benar/</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2302 BILANGAN FIBONACCI DAN SPIRAL ALAM: HARMONI MATEMATIKA DALAM STRUKTUR ALAMIAH 2025-06-21T22:16:38+00:00 Nadia Febriati Mokodompit [email protected] Asseline Nenobais [email protected] Friska Wohon [email protected] Fresli Maaromi [email protected] Sylvia Jane Annatje Sumarauw [email protected] <p>Deret Fibonacci, yang didefinisikan melalui rumus rekursif sederhana, menunjukkan aplikasi yang luar biasa dalam berbagai fenomena alam. Salah satu manifestasinya yang paling menarik adalah keterkaitannya dengan pola spiral alami yang ditemukan pada bunga matahari, cangkang moluska, dan galaksi spiral. Studi ini bertujuan untuk memberikan analisis komprehensif mengenai hubungan antara deret Fibonacci, rasio emas, dan struktur spiral yang terjadi secara alami. Melalui eksplorasi teoretis dan kajian empiris terhadap literatur yang ada serta pengamatan ilmiah, terungkap bahwa formasi spiral berbasis Fibonacci tidak hanya menarik secara estetika, tetapi juga mencerminkan efisiensi biologis dan keunggulan fungsional dalam pertumbuhan organisme. Makalah ini menyajikan sintesis interdisipliner antara matematika dan biologi, yang menyoroti keteraturan matematis yang melekat dalam dunia alam.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2298 PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 TONDANO 2025-06-23T15:19:59+00:00 Vivian Eleonara Regar [email protected] Vanesa Putri Jeivika Nua [email protected] Patricia Runtu [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan <em>Computational Thinking</em> untuk meningkatkan pemahaman konsep di kelas XI SMA Negeri 2 Tondano pada materi matriks. Latar belakang penelitian ini ddasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dalam menyelesaikan soal kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (<em>mix method</em>) dengan dominasi kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari lembar observasi, wawancara, pretest dan posttest serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis CT Skill. hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor pretest dari 33,75% menjadi 75,42% pada posttest, serta gain score rata-rata sebesar 0,61 yang termasuk kategori sedang. Penerapan Langkah-langkah CT seperti <em>decomposition, pattern recognition, abstract, algorithmic thinking </em>terbukti membantu siswa dalam Menyusun strategi penyelesaian soal secara sistematis. Selain iu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran matematika yang di integrasikan dengan <em>Computational Thiking </em>dinilai cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi matriks.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2294 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI TIGA KELAS VII SMP NEGERI 1 TUMPAAN 2025-06-23T15:23:10+00:00 Erika Kastel Kembau [email protected] Jhon Robby Wenas [email protected] Vivian Eleonara Regar [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 1 Tumpaan. di ajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari yang di ajarkan dengan motode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang di gunakan dalam ini adalah penelitian komparasi dengan metode quasi experiment yang di laksnakan di SMP Negeri 1 Tumpaan. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Tes Hasil Belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan menganalisis data kuantitatif Hasil perbadingan dengan uji-t, di peroleh t_(hitung=) 3,72 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan (alpha) = 0,05 dan df = 38 adalah 1,68, maka t_hitung &gt; t_tabel (3,72 &gt; 1,68). Hal ini menunjukan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional siswamkelas VII SMP Negeri 1 Tumpaan</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2284 ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA 2025-06-23T14:41:06+00:00 Azmi Magisty Wibowo [email protected] Maulyna Nur Isnazuharoh [email protected] Nurul Arfinanti [email protected] <p>Kemampuan pemecahan masalah penting dimiliki oleh siswa agar dapat mengatasi kesulitan yang ditemui untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dapat 1) mengidentifikasi informasi yang diketahui, ditanyakan, dan informasi yang dibutuhkan, 2) menyusun masalah tersebut ke dalam model matematika, 3) menerapkan strategi dalam menyelesaikan masalah, dan 4) menjelaskan hasil sesuai dengan permasalahan awal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siswa kelas VII MTs Negeri 5 Gunungkidul pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 6 siswa. Enam subjek penelitian ini dipilih dari 3 kategori, yaitu kemampuan metakognisi tinggi, kemampuan metakognisi sedang, dan kemampuan metakognisi rendah, dan masing-masing kategori diambil 2 subjek penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu soal kemampuan pemecahan masalah matematis materi SPLDV. Analisis data dilakuakn dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan siswa dengan kemampuan metakognisi tinggi cenderung lebih mampu dalam merencanakan langkah penyelesaian, memantau proses berpikir, serta mengevaluasi hasil akhir secara mandiri dan reflektif. Hal ini menunjukkan bahwa metakognisi memainkan peran penting dalam keberhasilan pemecahan masalah matematika.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2304 PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP 2025-06-21T22:21:57+00:00 Febriati Nabila [email protected] Dewi Iriani [email protected] Nizlel Huda [email protected] <p>Kemampuan yang dibutuhkan siswa agar dapat menginterpretasikan ide matematis secara lisan dan tertulis merupakan kemampuan komunikasi matematis. Agar dapat memenuhi hal itu dibutuhkan rencana pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengkomunikasi ide dan konsep matematis serta melatih keterampilan matematis dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ini berdesain penelitian <em>True Experimental </em>dan memakai <em>Posttest-Only Control Group</em>. Seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025 merupakan populasi penelitian, secara acak menentukan sampel dengan teknik <em>Cluster Random Sampling</em>. Instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi guru dan siswa terhadap keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar serta tes kemampuan komunikasi matematis. Pemrolehan data berdasarkan hasil observasi yang ditunjukkan pada lembar observasi dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data yang didapat dari uji <em>one-way anova</em> menunjukkan yang ditolak karena nilai signifikansi sebesar 0.002 &lt; 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi penerapan model <em>Discovery Learning</em> dan <em>Guided Inquiry</em> yang masing-masing modelnya dipadukan pendekatan CTL mempunyai kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada siswa yang diberi penerapan <em>Direct Instruction</em>, ditunjukkan dengan rata-rata <em>posttest</em> kelas <em>Discovery Learning</em> dengan CTL adalah 70,74 dan rata-rata <em>posttest</em> kelas <em>Guided Inquiry</em> dengan CTL adalah 72,82.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2309 ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DITINJAU BELIEF MATHEMATICS 2025-06-23T14:53:56+00:00 Nur Latifatul Zahra [email protected] Mega Nur Prabawati [email protected] Ike Natalliasari [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis peserta didik pada materi penyajian data ditinjau dari <em>belief mathematics</em> berdasarkan tiga tingkatan, yaitu tertinggi, sedang, dan terendah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket <em>belief mathematics, </em>soal tes literasi matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang terdiri dari angket <em>Belief Mathematics</em> untuk mengidentifikasi tingkat <em>Belief Mathematics</em> peserta didik dalam matematika, serta soal literasi matematis untuk menilai kemampuan matematika peserta didik pada materi penyajian data. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara purposive dengan melibatkan peserta didik dalam pengkategorian <em>belief mathematics </em>dan memenuhi aktivitas dari indikator proses literasi matematis yaitu <em>Employ</em> serta mampu berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data dalam penelittian ini mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kategori <em>belief mathematics</em> tertinggi (S-11) mampu memenuhi seluruh tahapan aktivitas dari penerapan konsep, fakta, prosedur, serta penalaran matematis (<em>Employ).</em> Serta peserta didik dengan kategori <em>belief mathematics </em>sedang (S-3) dan <em>belief mathematics</em> rendah (S-4) hanya dapat memenuhi beberapa tahapan aktivitas dari proses penerapan konsep, fakta, prosedur, serta penalaran matematis (<em>Employ).</em></p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2308 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: SELF CONFIDENCE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA 2025-06-23T15:00:08+00:00 Mustika Khoirunnisa [email protected] Wardani Rahayu [email protected] <p>Penelitian ini merupakan kajian <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mensintesis hasil penelitian terdahulu mengenai <em>self confidence</em> dalam konteks pembelajaran matematika. Fokus utama kajian ini adalah untuk menggali pemahaman konseptual serta pengaruh <em>self confidence</em> terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Artikel yang dianalisis dipilih berdasarkan dua kriteria utama: (1) pembahasan secara eksplisit berkaitan dengan <em>self confidence</em>, dan (2) dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi minimal SINTA 4. Data dikumpulkan melalui penelusuran artikel menggunakan Google Scholar, Semantic Scholar, dan situs resmi jurnal nasional. Proses seleksi artikel mengikuti protokol PRISMA untuk memastikan sistematika dan transparansi dalam proses identifikasi, penyaringan, dan inklusi. Dari hasil seleksi, diperoleh 15 artikel yang memenuhi kriteria dan dianalisis secara kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan diri yang kuat menjadi modal penting bagi siswa untuk berani mencoba, mengatasi hambatan, dan mencapai prestasi yang optimal dalam pembelajaran matematika. <em>Self confidence</em> berperan penting dalam membentuk sikap belajar yang positif, meningkatkan partisipasi siswa, serta mendukung pencapaian akademik.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2307 PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN TPS DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA 2025-06-23T15:05:43+00:00 Anisah Nabilah Hazim [email protected] Gugun Manosor Simatupang [email protected] Nizlel Huda [email protected] <p>Penalaran matematis merupakan kemampuan berpikir logis, melakukan pembuktian, serta menarik kesimpulan dari suatu permasalahan matematika. Dalam meningkatkan kemampuan ini, diperlukan model pembelajaran yang efektif salah satunya adalah model kooperatif. Tipe model kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe <em>Numbered Heads Together</em> (NHT) dan <em>Think Pair Share</em> (TPS) dikombinasikan dengan pendekatan <em>Realistic Mathematic Education</em> (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan <em>true experimental design</em> berbentuk <em>posttest only control group design.</em> Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Jambi sebagai populasi, dengan teknik <em>cluster random sampling</em> sehingga diperoleh kelas sampel yaitu VII A, VII B, dan VII E. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil <em>posttest</em>. Analisis data menggunakan <em>One Way ANOVA</em> menghasilkan nilai <em>Asymp. Sig</em> sebesar 0,004 &lt; 0,05 yang menunjukkan bahwa diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2306 PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN INQUIRY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP 2025-06-23T15:12:12+00:00 Chandana Putra [email protected] Roseli Theis [email protected] Nizlel Huda [email protected] <p>Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan untuk memahami, menyerap serta menafsirkan suatu kosep matematika. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan model pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai agar memberikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Studi ini dilaksanakan guna mencari tahu pengaruh model <em>discovery learning</em> dan <em>inquiry learning</em> menggunakan pendekatan <em>Student Centered Learning</em> (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi kesebangunan di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa <em>T</em><em>rue Experimental Design. </em>Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi dengan <em>cluster random sampling </em>sebagi teknik pengambilan sampel yang dipakai, dan diperoleh hasil kelas VII H, VII G, VII I sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yaitu soal tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunkan adalah uji <em> shapiro-wilk, </em>uji <em>Levene’s</em>, uji ANOVA satu arah, dan uji <em>Tukey</em> dengan berbantuan IBM SPSS <em>Statistics</em> 25. Hasil analisis ANOVA menunjukkan nilai <em>Asymp. Sig</em> sebesar 0.000, dan nilai tersebut , sehingga ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model <em>discovery learning</em> dan <em>inquiry learnin</em>g menggunakan pendekatan <em>Student Centered Learning</em> (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP.</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/2311 KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA 2025-06-26T23:35:01+00:00 Novia Dwi Rahmawati [email protected] Ganjar Susilo [email protected] <p style="font-weight: 400;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji menguji keefektifan pembelajaran mahasiswa pada penerapan model <em>problem based learning</em> yang bernuansa etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa salah satu dari perguruan tinggi swasta Jombang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa data nilai <em>pretest</em> dan <em>postest</em> berpikir kritis mempunyai data berdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan uji parametrik. Pada uji <em>Paired Sampel</em> <em>T-Test</em> menyatakan bahwa pembelajaran <em>problem based learning</em> bernuansa etnomatematika berpengaruh terhadap hasil <em>post test</em>. Kemudian Uji <em>One Sample T-Test</em> menunjukkan berpikir kritis matematis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan <em>problem based learning</em> bernuansa etnomatematika dapat mencapai ketuntasan kriteria B, sedangkan Uji <em>Gain Ternormalisasi</em> (<em>N-Gain</em>) menyatakan bahwa antara berpikir kritis sebelum dan sesudah menggunakan model <em>problem based learning</em> bernuansa etnomatematika dengan rata-rata peningkatan Tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran <em>problem based</em> <em>learning</em> bernuansa etnomatematika memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa</p> 2025-07-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika