STRATEGI GURU DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Muhammad Munir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.51

Keywords:

PROBLEM BASED LEARNING

Abstract

Salah satu model yang paling cocok dengan pendekatan saintifik adalah model problem based learning (Marsigit,2013).Problem based learning pada intinya memberikan masalah kepada siswa sebagai ganti materi/isi pembelajaran, dan dalam prosesnya, siswa bisa memcahkan masalah tersebut.  Sama halnya dengan pendekatan saintifik, dalam problem based learning juga menjadikan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Sebagai fasilitator, guru harus mempuyai strategi yang baik sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimum.Menurut Cindy and Barrow (2006), dengan strategi yang terukur, guru dapat memfasilitasi siswa untuk menggunakan penalaran yang efektif dalam proses pemecahan masalah.Sehingga penggunaan PBL yang baik, dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dalam menemukan konsepnya sendiri

References

Barrows, H. S. 2000. Problem-based learning applied to medical education. Springfield, IL: Southern Illinois University School of Medicine
Dahlan,J.A.2004. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama melalui Pendekatan Pembelajaran Open-ended. Bandung: Disertasi SPs UPI, tidak dipublikasikan
Depdiknas.2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Gallagher, S. A. ,& Gallagher, J. J. 2013. Using Problem-based Learning to Explore Unseen Academic Potential.Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 7(1).Available at: http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1322
Graaff, D.Erik and Kolmos,A.2003.Characteristic of Problem Based Learning. International Journal Enganging Educations Vol.4: TEMPUS Publications. Tersedia di http://www.bygg.ntnu.no/pbl/euceet/References/KolmosdeGraaff.pdf
Herman, T.2007.Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Educastionist Journal UPI
Hmelo-Silver, C. E. ,& Barrows, H. S. 2006. Goals and Strategies of a Problem-based Learning Facilitator.Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1).Tersedia di: http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1004
Jhonson, D.A and Rising, D.R.1972.Guidelines for Teaching Mathematics. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Kusumah, Y.(2008). Konsep Pengemabangan dan Implementasi Computer Based-Learning dalam Peningkatan High-Order Mathematical Thinking.Makalah pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Matematika pada FPMIPA UPI. Bandung: UPI
Marsigit.2014.Metode Pembelajaran yang Cocok dengan Kurikulum 2013. Tersedia di http://www.academia.edu/3854314/Metode_Pembelajaran_yang_cocok_untuk_Kurikulum_2013
Mukhtar.2013. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Dalam Seminar Nasional Universitas Lampung 2013
Mullis, et.al.2000.TIMSS 1999: International Mathematics Report. Boston: The International Study Center, Boston College, Lynch School of Education
Nur, M. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS Unesa
Peraturan Pemerintah.2013.Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta
Savery, J. R. 2006.Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1). Tersedia di: http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1002
Sheryl, dkk.2009.Problem Based Learning: A tool to developing Student’s Conceptual Knowledge. The Literacy and Numeracy Secretariat:Ontario Assosiation of Dean of Education. Tersedia di http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/ww_problem_based_math.pdf
Sumarmo,U.2007.Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: Educationist jornal UPI
Suryadi,D.(2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuasn Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi Doktor pada PPs UPI: Tidak Diterbitkan
Widjaya, W.2010.Design Realistic Mathematics Education Lesson.Makalah Seminar Nasional Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang 1 Mei 2010
Xiuping, Zhang.2002.The Combination of Traditional Teaching Method and Problem Based Learning. The China Paper:Mathematics Department of Beijing Normal University. Tersedia di http://science.uniserve.edu.au/pubs/china/vol1/xiuping.pdf

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Munir, M. (2020). STRATEGI GURU DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 103–108. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.51

Issue

Section

Articles