Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Muhamad Ikhsan Unniversitas Muhamadiyah Sukabumi
Keywords: Kecemasan Matematis dan Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Yang menghasilkan kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Cisaat menjadi subjek penelitian dengan sampel berjumlah 30 siswa dari populasi 120 siswa yang terbagi empat kelas (X IPS1, X IPS 2, X IPS 3, dan X IPS 4). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar matematika dan instrumen angket kecemasan matematis. Uji instrumen berupa validas isi, validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis skala likert untuk uji hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan taraf signifikan 1%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif antara kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Cisaat. Pengaruh negatif dalam penelitian ini yaitu jika kecemasan tinggi maka hasil belajar rendah atau jika kecemasan rendah hasil belajar tinggi. Berdasarkan hasil koefisien determinasi pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika , dan sisanya  ditentukan faktor lain, seperti motivasi belajar matematika, kesulitan belajar matematika, dan masalah lain yang ada di sekolah.

References

Kecemasan Matematis
Published
2019-06-30
How to Cite
Ikhsan, M. (2019, June 30). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Section
Articles