PENGARUH METAKOGNISI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Azizah Amatur Rohman Universitas Balikpapan
  • Suci Yuniarti Universitas Balikpapan
  • Besse Intan Permatasari Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.23

Keywords:

Metakognisi, Kreativitas, dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metakognisi dan kreativitas secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, apakah terdapat pengaruh metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berasal dari 215 siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Balikpapan. Peneliti menggunakan cluster random sampling dan mendapatkan 62 siswa yang terlibat sebagai sampel. Peneliti menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis nol diterima pada kedua uji, yaitu uji F dan uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh metakognisi dan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa baik secara bersama-sama maupun secara parsial.

References

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fadillah, S. (2009). Kemampuan pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Retrieved 3 Maret, 2018, from http://eprints.uny.ac.id/12317/1/M_ Pend_35_Syarifah.pdf

Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika , 1, 54-64.

Hadi, S., & Radiyatul. (2015). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika , II (1), 53-61.

Ignacio, N. G., Nieto, L. J., & Barona, E. G. (2006). The Affective Domain in Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathematics Education , I (1), 16-32.

Ihsan, M. (2016). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , IV (2), 129-140.

Jabar, A., & Budiarti, I. (2016). Pengaruh Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika , II (2), 85-90.

Krisnawati, E. (2012). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa , I (1), 1-8.

Shaw, S. C. (2008). The Effects of Metacognitive Awareness on The Development of Mathematical Problem-Solving Skills in Fourth- Grade Homework Assignments. Doctoral: Western Connecticut State University.

Wahyuddin. (2016). Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Daya Matematis , IV (1), 72-83.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Rohman, A. A., Yuniarti, S., & Permatasari, B. I. (2018). PENGARUH METAKOGNISI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.23

Issue

Section

Articles